RSS

Tentang Mela dan Chika (Part 5)


Baca cerita sebelumnya disini

***

Melania Riska Putri tercatat sebagai peraih nilai Ujian Nasional tertinggi pertama di sekolahnya.  Dengan nilai yang hampir mendekati sempurna, Mela seharusnya tak perlu ambil pusing tentang sekolah yang akan dituju setelah itu.  Seharusnya Mela memiliki pemikiran yang sama seperti tahun tahun sebelumnya, dia tidak mau masuk sekolah yang sama seperti kakaknya.  Tapi entah kenapa tahun ini ingin rasanya dia masuk sekolah yang sama seperti Egy.
            “jadi kamu mau daftar di sekolah mana, Chik?”, tanya Ayah ketika mereka sedang berkumpul di ruang keluarga.
            “Masih bingung, Yah”
            “Lho kok masih bingung? Dua hari lagi pendaftaran dibuka, kamu harus cepet-cepet daftar kalau gak mau kehabisan tempat.  Atau kamu mau sekolah di Semarang?  Di sekolahnya Om Panji?”

            “Hus Ayah, masak tega Chika disuruh sekolah jauh dari kita”, Bunda komplain.  Om Panji adalah adik ayah Mela, dia memiliki yayasan yang bergerak di bidang pendidikan yang lumayan besar.  Mela bisa saja masuk ke sekolah itu tanpa perlu mengikuti tes masuk.
            “Loh kenapa? Chika kan sudah besar lagipula sekolahnya Om Panji itu sudah bertaraf internasional, sudah banyak lulusan dari sana yang langsung melanjutkan sekolah ke luar negeri. Kamu juga pengen kuliah di luar negeri kan, Chik?”, ayah setengah membujuk Chika
            “iya, Yah. Tapi disini kan juga banyak sekolah yang kayak gitu.  Besok deh Chika putusin mau daftar dimana.  Malem ini Chika mau semedi dulu, hehehe.  Dahh Ayah, Daahh Bunda”, Mela segera masuk ke kamarnya di lantai dua, mencoba memikirkan sekolah yang akan dia tuju.
            Beruntungnya Mela dikelilingi oleh orang orang yang tidak otoriter, orangtua Mela selalu menyetujui keputusan Mela asalkan itu baik untuknya.  Dan juga dengan konsekuensi baik buruk yang harus dia tangani sendiri.  Walaupun Ayah Mela adalah lulusan S2 di Jerman, tapi tidak pernah menuntut kedua anaknya untuk mengikuti jejaknya.  Apalagi anak seperti Egy yang susah diatur, setiap hari kerjaannya main terus, untung saja keahliannya di bidang olahrahga membuat ayahnya cukup bangga dan nilai-nilai buruk di sebagian besar mata pelajaran di sekolahnya tertutupi oleh segudang prestasi di bidang karate yang dia geluti sejak SD.
            Sementara itu Mela di kamarnya tengah sibuk memikirkan akan mendaftar di sekolah yang mana.  Mela tahu, sekolah Egy itu tidak buruk bahkan sekolah Egy sangat terkenal karena mempunyai segudang prestasi non-akademik tapi memang untuk prestasi akademik, nama sekolah itu belum bersinar.  Mela juga bingung karena ada beberapa sekolah terkenal yang menawari beasiswa bahkan Mela bisa diterima tanpa tes.  Tapi entah kenapa keinginannya untuk bersekolah di sekolah yang sama dengan Egy sangat kuat.  Mungkin kali ini memang Mela harus bersekolah di SMA Persada, SMA swasta terbaik di bidang non-akademik di Jakarta.

***
            Tak heran SMA Persada mempunyai segudang prestasi. Mela yang untuk pertama kalinya ke sekolah itu untuk mendaftar sangat kagum dengan fasilitas yang ada.  Fasilitas olahraganya sangat lengkap dan bertaraf internasional, mulai dari catur sampai tinju pun ada.  Untuk siswa yang sangat berminat di bidang seni, ada sebuah ruangan khusus untuk melukis, memahat, sampai membatik pun ada dan ada juga sebuah ruangan besar yaitu tempat memamerkan segala macam hasil karya para siswa yang biasa disebut galeri.  Ada lagi sebuah studio musik lengkap dari alat musik tradisional sampai yang modern.
            Mela tak henti-hentinya bertanya ini itu kepada Egy yang mengantarmya pada saat pendaftaran dan dengan bangganya Egy juga menjelaskan dengan sangat detail semua fasilitas sekolah yang ada.  Ternyata keputusan Mela bersekolah di sekolah Egy bukanlah tempat yang salah.
“Loh Egy, sedang apa kamu disini?”, seorang lelaki paruh baya yang kebetulan lewat di depan Egy dan Mela berhenti menyapa.
“Eh pak Joko, ini pak nganterin adik saya daftar”, Egy menyalami tangan lelaki itu yang ternyata diketahui bahwa beliau adalah wali kelas Egy.
“Wah pinter karate juga nggak nih adik kamu?”
“pinter gebukin orang sih iya Pak”, untungnya Mela sedang mengantri untuk mengambil formulir pendaftaran, jadi dia tak perlu mendengar ocehan Egy yang sedikit menyebalkan itu.
“oh ya, tadi Pak Hadi nyari kamu, ayo cepat kamu temui ! dari kemarin katanya nomor kamu gak bisa dihubungi”
“Hehe iya pak, saya ganti nomor”, Egy nyengir kuda, sejak jadian dengan Sari, Egy memang diwajibkan ganti nomor karena Sari tidak mau mantan-mantan Egy terus saja mengganggu Egy.
“Ya sudah sana cepat kamu ke kantor.  Katanya Pak Hadi butuh berkas-berkas kamu untuk persiapan lomba karate yang di Korea itu”
“Iya Pak, saya temui adik saya dulu”
Egy menghampiri Mela dan memintanya untuk menunggu sebentar kalau ternyata setelah proses pendaftaran selesai urusannya dengan pak Hadi belum juga selesai.  Mela mengiyakan saja permintaan Egy karena dia sudah merasa betah dan ingin berlama-lama di calon sekolah barunya itu.
Satu jam telah berlalu, sesi wawancara untuk tes masuk juga sudah selesai.  Mela menunggu di pinggir lapangan basket yang sepi karena siswa lainnya sedang libur semester.  Mela membayangkan ada Dimas disana yang sedang bermain basket. Tahun lalu Egy memang pernah mengajak Mela menonton pertandingan basket antara tim SMA Persada dan tim SMA Merah Putih di lapangan SMA Persada.  Mela masih ingat salah satu anggota tim basket SMA Persada adalah Dimas dan melihatnya beraksi di lapangan membuat Mela semakin klepek-klepek.  Di tengah lamunannya tiba-tiba ponsel Mela berdering.
Mela    : “ya Kak?
            Egy     : “Udah selesai tesnya?”
            Mela    : “iya, kakak dimana?
            Egy     : “masih di ruang guru, kayaknya bakal lama deh.  Ribet banget nih Pak Hadi
            Mela    : Trus gimana Kak? Gue tungguin aja deh gapapa
            Egy     : “jangan deh, entar lo boring trus pas pulang ngadu sama Bunda kalo gue nelantarin elo
            Mela    : “Diihhh emangnya gue tukang ngadu apa !
            Egy     : “yee emang lo tukang ngadu. Eh bentar-bentar gue baru inget !”
            Mela    : “inget apaan?
            Egy     : “lo dimana sekarang?”
            Mela    : “orang nanya balik nanya.  Di lapangan basket
            Egy     : “oke, ya udah lo tunggu disitu aja ya bentar
            Mela    : “tungguin kakak maksudnya?
            Telepon langsung ditutup begitu saja dan membuat Mela kebingungan.
“maksudnya apa sih?”, umpat Mela dalam hati.  Tapi Mela menurut saja, dia tetap duduk dipinggir lapangan basket, entah menunggu siapa.
            “Hei !”, tiba-tiba seseorang mencolek pinggangnya, kalau saja orang itu bukan Dimas pasti dia sudah menghajarnya, berani-beraninya colek-colek.
            “Ngapain disini kak? Bukannya sekolah libur?”, Mela berlagak sok cuek padahal hatinya girang sekali bertemu Dimas.
            “Habis rapat osis, ngerencanain buat MOS gitu”
            “hah? Elo OSIS? Jadi lo yang bakal bentak-bentak gue nanti waktu MOS?”, Mela berkata sambil memelototkan matanya.
            “hahahaa kenapa? Lo takut yaaa....??”, Dimas menggoda Mela sambil menunjuk-nunjuk hidung Mela.
            “ih apaan sih !”, Mela langsung menepis tangan Dimas padahal dalam hatinya dia senang.  “gue sih gak takut kalo cuma dibentak elo, Kak.  Gue laporin Kak Egy aja kalo lo ngebntak-bentak gue”.
            “hahaha emangnya Egy bakalan ngapain gue kalo gue bentak-bentak elo?  Udah ah yuk gue anter pulang”, Dimas langsung menarik tangan Mela dan kontan saja membuat jantung Mela berdegup kencang.
            “Ng nggak, ap apaan sih elo ! gue lagi nungguin Kak Egy kok”, Mela menundukkan mukanya karena malu bahkan berbicaranya pun jadi terbata-bata.
            “tadi si Egy sms gue nyuruh gue temenin lo disini atau kalo gue ga repot suruh nganterin lo pulang.  Nih smsnya kalo gak percaya”, Dimas menyodorkan ponselnya pada Mela, Mela hanya diam saja bingung harus menjawab apa ketika tahu kalau Egy yang menyuruh Dimas mengantarnya pulang.  “Jadi lo mau gue anterin pulang apa mau gue temenin jalan-jalan?”
            “Jalan-jalan?”, Mela semakin bingung ketika Dimas menawarinya jalan-jalan.
            “iya jalan-jalan, kemana aja deh terserah lo mumpung gue lagi gak sibuk ni”, Dimas berkata sambil melemparkan senyum termanisnya.

***
            Tiga puluh menit kemudian, Dimas dan Mela sudah duduk di salah satu kafe dengan ditemani dua porsi sirloin steak dan milk shake.  Mereka berdua tampak akrab ngobrol dan sama sekali tidak ada pertengkaran seperti biasanya.
            “Chik lo kan sudah SMA nih, sudah mau pacaran belom?”, tanya Dimas
            “mau mau aja kalau cowok yang gue mau juga mau sama gue”, jawab Mela
            “ribet banget kalimat lo.  Jadi selama ini lo suka sama cowok? Siapa? Cerita dooongg”, Dimas mencoba membujuk Mela.  Padahal dalam hatinya dia kecewa karena ternyata Mela sudah menyukai seseorang.
            Mela hanya tersenyum dan tidak menjawab pertanyaan Dimas.  “kok malah senyam senyum? “ Dimas bertanya-tanya.
            “emang gak boleh gue senyum? Senyum gue kan manis”, Mela menjulurkan lidahnya pada Dimas.
            “Ayolah Chik, lo pelit banget sama gue.  Gue kan sahabat kakak lo yang berarti kakak lo juga”
            “Kakak dari Hongkong?  Nggak ah ogah gue cerita sama lo.  Kak Egy aja gak gue ceritain masak lo yang mau gue ceritain?”
            “Pelit banget sih lo.  Ayo cerita gak !”, Dimas mencubit lengan Mela
            “Aw ! Kak Dimas apaan sih sakit tauk !”
            “Cerita gak?”
            “nggak”
            “Cerita!”
            “nggak !”
            “Ayolah Chik cerita !”
            “emang kalo gue cerita lo mau jadi cowok gue?”
            “Mau !”
Hening.

***

bersambung

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 EchAmazing. All rights reserved.
Free WPThemes presented by Leather luggage, Las Vegas Travel coded by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy