RSS

Tentang Mela dan Chika (Part 1)




Habis ngubek-ngubek isi laptop gak sengaja reread salah satu karanganku.  Dulu aku selalu bermimpi untuk jadi penulis terkenal.  Bayangkan saja, sejak SD aku sudah mulai menulis cerpen.  Satu buku sekitar lebih dari 60 halaman sudah terisi penuh oleh cerpen yang aku tulis selama SD, sayang sekarang bukunya raib entah kemana padahal kalau dibaca pasti ceritanya banyak yang lucu.  Yang aku ingat, aku sering menulis cerita tentang kerajaan, binatang, dan anak yang punya ibu tiri, hehehe kebanyakan nonton sinetron.
Beranjak SMP, aku mulai bercita-cita menulis sebuah novel.  Kali ini aku gak nulis di buku lagi, tapi di komputer.  berhubung dulu aku masih belum punya komputer pribadi, aku harus gantian sama papa.  Tiap kali aku punya ide, langsung aku tuliskan di buku kemudian aku salin di komputer kalau papa lagi gak make komputernya.Waktu itu aku mulai suka baca novel remaja, jadi karanganku juga tentang masa-masa remaja yang penuh dengan cinta :) entah udah sampai mana novelku waktu itu, yang jelas waktu salah satu teman cowokku meminjam flashdisk yang isinya beberapa karanganku,aku jadi malu setengah mati karena temanku itu membacanya dan dia tau kalau novel itu adalah kisah nyataku.  tanpa pikir panjang langsung aja aku delete novel yang udah aku tulis selama berbulan-bulan itu. Dasar remaja labil ! :)
Menginjak SMA, teman-temanku sering meminta tolong membuatkan cerpen untuk tugas Bahasa Indonesia.  Dengan senang hati aku buatkan untuk mereka, beberapa ada yang aku post di facebook dan dengan mudahnya temanku minta ijin copas untuk tugas mereka.  Aku gak masalah sih,  toh buat apa juga nyimpen cerpen banyak-banyak.
Keinginanku untuk menerbitkan novel atau kumpulan cerpenku gak pernah hilang sampai sekarang.  Aku masih menyempatkan menulis walaupun hanya sebentar, hanya untuk menghilangkan sedikit kejenuhan walaupun aku gak tau kapan mimpi ini terwujud :)
Well, ini adalah salah satu karyaku semasa SMA.  Semoga kalian suka :)

***

Terik matahari siang itu membuat pipi Mela yang putih bersih menjadi kemerah-merahan.  Gadis SMP itu cepat-cepat masuk ke dalam rumah begitu turun dari mobil Fista, temannya.
“Kok tumben pulang cepet, Chik?”, Tanya Bunda.
“Iya tadi diajakin naek mobilnya Fista, Bun”, jawab Mela kemudian langsung naik ke lantai atas rumahnya.
Beberapa detik kemudian, Mela turun lagi.
“Bunda, Kak Egy mana?”, Tanya Mela.
Kalau di kamarnya gak ada ya belum datang, Chik”, Mela manyun, lalu kembali lagi ke atas.  Dia masuk ke kamar kakaknya dan mulai mencari-cari sesuatu.  Tapi sepertinya Mela belum juga menemukan barang yang dia inginkan.
“Huuuhhh kak Egy nih ditaruh dimana sih PSP ku ! Hhhhhh……”, Mela menghempaskan tubuhnya ke tempat tidur Egy.  “Tidur aja dulu ahh…”, Kemudian Mela mulai menarik selimut dan mencari posisi tidur yang enak.
Melania Riska Putri atau yang biasa dipanggil Chika di rumahnya, adalah anak bungsu dari keluarga yang berkecukupan tapi tetap selalu bersikap sederhana.  Dia masih duduk di bangku kelas IX atau kelas tiga Sekolah Menengah Pertama, maklum saja kalau kelakuannya masih seperti anak kecil padahal sebenarnya dia sudah bisa dikatakan sebagai ABG.  Egy, kakak Mela adalah siswa kelas sebelas yang cukup bandel, eksis, sedikit norak dan sok sibuk.  Tapi, meskipun begitu Egy adalah laki-laki jantan yang selalu siap menumpas kejahatan yang mengganggu adiknya.  Loh??

***
“Eh, nak Dimas. Ayo masuk !”, Dimas menyalami tangan Bunda Egy.
“Lo, langsung masuk kamar gue aja deh, Dim.  Gue mau ke kamar mandi dulu”, kata Egy.
“Mari Tante, saya ke atas dulu”, Dimas memang sudah terbiasa main ke rumah Egy, jadi Dimas tidak merasa sungkan lagi untuk masuk sendiri ke kamar Egy.
“Iya, silahkan”
Dimas membuka sepatunya dan langsung menghempaskan tubuhnya ke tempat tidur Egy seperti yang dilakukan Mela tadi.  Dimas tampak lelah sampai-sampai tidak menyadari ada sesosok makhluk terbungkus selimut di sampingnya.
“Hhhoooaammm…….”, Mela mulai terbangun dari tidurnya dan membuka selimutnya.  Tiba-tiba….
“AAAAaAAAAaaAAaaaarrrrrraggghhhhhh…………………….”, Mela dan Dimas berteriak bersamaan.  Sontak Egy dan Bundanya langsung berlari ke lantai atas.
“Ada apa ini?”,  Tanya Bunda.
“Ituuu Bundaaaaa…..ada monster !”,  Mela menunjuk Dimas.
Muka Dimas langsung berubah jadi shock, dalam hatinya “apa? gue dikatain monster sama anak ingusan”.
“lagian elo ngapain sih tiba-tiba muncul di kasur gue”, kali ini giliran Egy yang angkat bicara.
“PSP gue kaaakkk…..”, Mela manyum sepuluh senti.
“Kamu ini ada- ada aja, Chik.  Ya udah Bunda tinggal dulu”,  Bunda geleng-geleng kepala
            “kak Dimas ni lagian apaan sih tiba-tiba masuk gak  ketok pintu dulu?”, Mela masih saja ngomel.
            “eh gue kan udah biasa masuk sini, situ aja yang tiba-tiba jadi siluman dibalik selimut !”
            “eh gue kan adeknya Kak Egy, gue juga udah biasa dong tidur disini !”, Mela semakin nyolot lengkap dengan gaya berkacak pinggang dan mata melototnya.
            “Eeeeehhh udah udah ! ni PSP lo gue bawa ke sekolah.  Udahh sana huss huss ! kembali ke alamnya”,  Egy menengahi pertengkaran antara Mela dan Dimas.  Mela keluar kegirangan setelah PSP kesayangannyaa sudah kembali ke tangan.
            “lo gak capek apa berantem mulu sama adek gue? Udah gue bilang kan terlalu sering berantem bisa buat jatuh cinta?”, Egy berkata sambil membentuk simbol hati dengan tangannya.  Kontan Mata Dimas melotot.
            “Ciyeeeee…..”, Egy semakin menggoda Dimas.
            “Eh sialan lu Gy !”, Dimas melempar Egy dengan bantal.
            Dimas tidak memungkiri kalau awal pertemuannya dengan Mela sempat membuatnya terpesona.  Mela memang cantik, imut, lucu, tapi Dimas yang pada saat itu duduk di bangku kelas delapan kaget begitu tahu Mela masih duduk di bangku kelas enam sekolah dasar.  Mana mungkin Dimas jatuh cinta pada anak ingusan?  Apalagi setelah Dimas tahu Mela galak sekali, childish dan suka nyolot, Dimas menjadi semakin ilfil.
            “woy ! kenapa ngelamun? Mikirin adek gue, hah?”, Egy lagi-lagi menggoda Dimas, tapi Dimas tidak bergeming.  “Gue bilangin adek gue nih yaa.  Deeeekkkkk Dimas suka sama lo niiiii……!!!!”, Egy berteriak dari kamarnya dan tentu saja Terdengar sampai kamar Mela yang berdempetan dengan kamar Egy.
            “Eh gila lu Gy ! Gue jotos juga nih muka lu ! gue ngelamun mikirin Sherly tauk, bukan anak comel macem adek lu itu !”
            “Ahh Dim, Dim, sejak kapan playboy kayak lo masih mikirin mantan pacar ha?”
            “sejak gue pacaran sama Sherly lah !”
            “lo sadar ga sih lo tuh udah dicampakin ma si Sherly? Dimana harga diri lo men kalo masih aja ngarepin si Sherly balik.  Masih banyak kali cewek perfect selaen dia”
            “Lo gak tau Gy…ka..”
            “Gue tau kok”, egy langsung memotong pembicaraan Dimas.  “Gue tau kok kalo Sherly tu cantik, seksi, supermodel, susah ngedapetinnya, harus saingan jotos-jotosan sama puluhan kakak kelas.  Dan akhirnya lo kepilih jadi satu-satunya berondong yang bias naklukin hati si Sherly.  Tapi adek gue gak kalah cantiknya kok sama Sherly !”, Egy mengedipkan sebelah matanya.
            “Ahhh elu Gy ! gue tidur aja ah sebelum ntar lagi suara cerempeng adek lo tuh terdengar di kuping gue lagi “
            “hahahahahaaa !”

***
            “Kak Dimas segitunya deh sama aku”, Mela sebenarnya daritadi menguping pembicaraan kakaknya dengan Dimas.  Padahal tadi hatinya sudah mulai deg-degan ketika kakaknya berteriak kalau Dimas menyukainya.  Tetapi ternyata itu hanya bercanda.
            Mela membuka tirai kamarnya, memperhatikan Dimas yang keluar dari halaman rumah dan masuk ke dalam mobil.  Ternyata sosok Dimas yang selama ini menjengkelkan bagi Mela, terkadang juga bisa membuat Mela tersenyum-senyum karena ketampanannya.  Yah, memang tidak bisa dipungkiri kalau Dimas memang keren, bahkan supermodel yang usianya lebih tua dari Dimas pun bisa jatuh cinta.
            “mana mungkin Kak Dimas suka sama anak ingusan kayak aku?”,  Mela menutup tirai kamarnya sambil senyum-senyum sendiri.  Kemudian Mela melanjutkan belajarnya.
            Pagi-pagi sekali ketika Mela bangun tidur, ada telepon dari Semarang, kampung halaman ayah Mela yang mengabarkan bahwa nenek Mela meninggal.  Ayah, Bunda, dan Egy, bersiap-siap untuk pulang ke Semarang.  Sedangkan Mela tidak diajak karena pada saat itu Mela sedang Ujian Nasional.
            “Bundaa….Ayaahhh….Chika ikutt yaaa?? Pliiiiisssss”, Mela memohon kepada ayah bundanya dan mengikuti kemanapun mereka pergi, kamar mandi, ruang tamu, ruang makan, dapur, selalu saja Mela ikuti.
            “Chika, kamu kan besok sudah ujian, ayah mau kamu konsen belajar disini.  Lagian Bunda sama Ayah Cuma pergi dua hari kok”, kata Ayah.
            ‘Iya sayang, makanan buat kamu juga udah Bunda siapain selama dua hari ini.  Bunda udah bilang sama Bu Ana yang jual nasi campur di depan biar ngirimin kamu tiap hari”, Bunda membelai kepala anak bungsunya itu.
            “bisa-bisa wajah gue berubah jadi nasi campur kalo tiap hari makannya nasi campur doang”, gerutu Mela dalam hati.
            Mela ngambek dan lari ke kamarnya, dia benar-benar tidak mau ditinggal sendirian di rumah, lagipula dia ingin sekali melihat wajah neneknya untuk yang terakhir kali.
            Tok tok tok.., Egy masuk ke kamar Mela.
            “dek elo kenapa sih ditinggal dua hari aja udah ngambek segitunya? Tenang aja lo gak bakalan diculik disisni.  Ntar gue bawain oleh-oleh deh dari Semarang”,  Egy mencoba membujuk adiknya.  Tapi tidak ada respon, Mela masih saja membenamkan mukanya di bantal.
            “Egyyyy, suruh adikmu turun, kita mau berangkat sekarang”, perintah ayah.
            “gimana mau turun kalo Chikanya ngambek gini?”, Egy berpikir sebentar, tau tau Egy punya ide.  “oke kalo elo gak mau turun, gue pamit deh.  Bye “, Egy keluar dari kamar Mela, dia tau sebentar lagi Mela akan keluar kamar dan mengejarnya.
            “mana Chika?”, Tanya ayah.
            “ntar lagi juga turun, yah”, dan benar saja. Tak lama kemudian Mela turun dengan rambut acak-acakan dan mata sembab.
            Bunda mengelus kepala Mela, “aduh anak bunda yang manja, jangan ngambek gitu dong.  Nenek juga pasti ga suka liat kamu kayak gini.  Ayo dong sayang, bikin nenek senyum, bikin nenek bangga ngeliat kamu yang gak manja lagi, kan bentar lagi udah mau jadi anak SMA, masak mau ngambek-ngambekan gini lagi?”, Mela terdiam, kemudian Bunda melanjutkan bicaranya.  “kita berangkat dulu ya sayang, jaga rumah baik-baik, jangan lupa belajar juga buat ujian besok”,  Mela mengangguk.  Ternyata kata-kata bunda bisa meluluhkan hati Mela juga.

            ***
            Ketika Mela sedang mengunci pintu rumahnya, Dimas datang seperti biasa untuk menjemput Egy.
            “Egy ada Chik?”
            “gak ada”
            “hah? Kemana?”
            “ke Semarang”
            “Ngapain ?”
            “nenek meninggal”
            “innalillahi wainna ilaihi rojiun”
            “keluar dulu gih kak, pagernya mau gue kunci”
            Dalam hati Dimas “tumben nih anak ngomongnya baik-baik”
            “kok tumben pagernya dikunci?”
            “kan gak ada orang ke Semarang semua”
            “jadi elo sendirian di rumah?”
            “cerewet banget sih nanya mulu dari tadi ! udah ah gue berangkat !”, Mela berjalan meninggalkan Dimas, sepertinya kesabarannya sudah habis untuk menjawab pertanyaan Dimas.
            Dimas masuk ke dalam mobilnya tapi sepertinya dia tidak tega membiarkan Mela, adik sahabatnya sendiri berjalan kaki.
            “gue anterin ya Chik?”, Dimas mengendarai mobilnya pelan-pelan di samping Mela sambil membuka kaca mobilnya.  Mela hanya menggeleng.  “sampe halte aja deh !”, ajak Dimas lagi.
            “kenapa?”, Tanya Mela
            “apanya kenapa? Ya gak papa, ya udah deh kalo gak mau”, Hampir saja Dimas menutup kaca mobilnya sebelum akhirnya Mela mau juga masuk ke dalam mobil Dimas.
            Ini bukan pertama kalinya Mela diantar oleh Dimas ke sekolah, udah sering malah.  Tapi kali ini berbeda, Mela hanya berdua dengan Dimas, sedangkan biasanya ada Egy juga.   Sepanjang perjalanan Mela hanya bisa  diam, perasaan antara masih sebel ditinggal orang-orang ke Semarang dan perasaan nervous berdua dengan orang cakep di mobil bercampur aduk menjadi satu.
            Dimas heran dengan sikap Mela hari itu.  diam-diam Dimas memperhatikan wajah Mela.  Sepertinya Mela sedang bête, atau mungkin sebel.  Tapi bukan itu yang diperhatikan Dimas, Dimas memperhatikan wajah Mela yang dirasa semakin cantik saja.  Memang Mela sangat berbeda dengan yang dia liat pertama kalinya.  Mela tampak lebih dewasa dibandingkan empat tahun yang lalu.  Ya iyalah, dulu kan umur Mela masih sebelas tahun, sekarang sudah lima belas tahun.
            Mela tidak menyadari kalau Dimas memperhatikannya daritadi, sampai akhirnya mereka tiba di sekolah Mela.
            “Thanks Kak”, Mela menutup pintu mobil sebelum Dimas berkata apa-apa.  Hari ini moodnya sedang jelek, coba kalau lagi bagus pasti Mela sudah melompat  lompat kegirangan karena bisa berduaan dengan Dimas di dalam mobil
           
***

Bersambung

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 EchAmazing. All rights reserved.
Free WPThemes presented by Leather luggage, Las Vegas Travel coded by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy